Friday, August 16, 2013

Kampung Pasar Wetan, Kampungnya Sang Saka Merah Putih

foto.news.viva.co.id

WeProud - "Berkibarlah benderaku, lambang suci gagah perwira. Di seluruh pantai Indonesia kau tetap pujaan bangsa. Siapa berani menurunkan engkau serentak rakyatmu membela. Sang Merah Putih yang perwira, berkibarlah selama-lamanya." Kira-kira begitulah potongan lirik lagu Berkibarlah Benderaku karangan Ibu Sud. Sebuah lagu penyemangat bangsa dengan lirik yang sangat nasionalis. Dan sekarang ini kita akan membahas tentang bendera Merah Putih, bendera kebangsaan kita.

Adalah warga Kampung Pasar Wetan, Desa Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Disini hampir seluruh warganya adalah pengrajin musiman bendera dan umbul-umbul Merah Putih yang kebanjiran pesanan saat bulan Agustus tiba. seperti saat-saat sekarang ini. Bisa kita lihat banyak penjual bendera Merah Putih dan berbagai aksesoris nasionalis lainnya di jalan-jalan, nah, beberapa diantaranya diproduksi oleh warga di desa ini.

Bagi kalian yang berkunjung ke Kampung Pasar Wetan ini pada bulan Agustus, pasti akan melihat semarak bendera dan umbul-umbul merah putih. Ya, semua itu dikarenakan mayoritas penduduknya adalah pengrajin bendera dan umbul-umbul merah putih musiman setahun sekali, yakni setiap bulan Agustus.

Meski begitu, bukan cuma di daerah sekitar kampung ini saja, bendera buatan warga Kampung Pasar Wetan Garut ini produksinya sudah dipasarkan ke berbagai kota loh. Contohnya, saja Jakarta, Bandung, Makassar, Jambi, bahkan hingga ke Papua. Bagaimana nih, sudah ada belum bendera merah putih demi menyambut hari kemerdekaan RI? Yuk ramai-ramai kita rayakan hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

sumber : mndt.lk

0 komentar:

Post a Comment