Friday, February 3, 2017

Candi-Candi Tertinggi di Indonesia | Part 2

3. Candi Gedong Songo

yukpiknik.com

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi berjumlah 9 (sanga/songo) sesuai namanya. Candi ini terletak di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian sekitar 1200 mdpl. Candi Gedong Songo dapat dicapai 40 menit dari Kota Ambarawa atau 10 menit dari Objek Wisata Bandungan. Di kompleks ini juga terdapat pemandian air panas, area berkemah, dan wisata berkuda.

4. Candi Sukuh

brobali.com

Candi sukuh terletak tidak jauh dari Candi Cetho, kalian bisa mengunjungi dua candi ini secara bersamaan karena letaknya yang dilalui oleh rute yang sama. Candi ini terletak di Desa Berjo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, pada ketinggian 1186 mdpl, dan menjadi candi tertinggi di Indonesia yang keempat. Candi Sukuh memiliki bentuk yang unik, tidak seperti candi bercorak Hindu kebanyakan, dan mengingatkan kita pada bentuk kuil suku Maya di Amerika Tengah.

5. Candi Ijo

telusurindonesia.com

Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta, dan merupakan candi tertinggi kelima di Indonesia. Terletak pada ketinggian 425 mdpl, Candi Ijo dapat dicapai 18 km dari arah Kota Yogyakarta atau sebelah tenggara Candi Ratu Boko. Candi ini dinamakan Candi Ijo karena terletak di bukit yang disebut Gumuk Ijo. Dari ketinggian candi ini kalian bisa melihat panorama Pantai Parangtritis dan Bandara Adi Sucipto dari kejauhan.

Dari kelima candi tersebut, kelimanya sama-sama merupakan candi bercorak Hindu. Dan ada kemungkinan masih akan ditemukan candi-candi lainnya seperti pemugaran situs Gunung Padang dan candi-candi lainnya yang belum ditemukan hingga sekarang. - WeProud


0 komentar:

Post a Comment