Friday, February 3, 2017

Candi-Candi Tertinggi di Indonesia | Part 1

Indonesia memiliki banyak candi peninggalan kerajaan Hindu-Budha yang tersebar di seluruh Nusantara, banyak diantaranya terdapat di Pulau Jawa. Sampai sekarang pun para arkeolog masih menemukan candi-candi baru yang kondisinya sudah rusak karena bencana alam dan tertimbun di dalam tanah.

Biasanya, candi-candi ini ditemukan pada daerah yang landai atau pada dataran rendah. Namun, ada juga candi yang dibangun di perbukitan atau bahkan di antara pegunungan. Berikut ini merupakan candi-candi dengan lokasi tertinggi yang ada di Indonesia.

1. Kompleks Percandian Arjuna

triphemat.com

Kompleks Percandian Arjuna merupakan candi tertinggi di Indonesia, berada di ketinggian 2093 meter diatas permukaan laut (mdpl). Kompleks candi ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. Di kompleks ini terdapat beberapa candi yang memanjang dari utara hingga selatan, yaitu Candi Arjuna dan Candi Semar sebagai pendamping, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembrada. Karena terletak di ketinggian, pada waktu-waktu tertentu rumput-rumput di sekitar candi ini diselimuti oleh es.

2. Candi Cetho

pegipegi.com

Terletak di lereng Gunung Lawu, Candi Cetho merupakan candi tertinggi kedua di Indonesia. Berada di ketinggian 1496 mdpl, menyebabkan candi ini senantiasa tertutup kabut saat pagi hari. Candi ini bisa dicapai dari Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dengan melewati jalan yang berliku-liku disuguhi pemandangan kebun teh yang sangat memanjakan mata. Di dalam kawasan Candi Cetho kalian juga bisa menemukan situs Candi Kethek tidak jauh dari sana.

0 komentar:

Post a Comment