Monday, August 19, 2013

10 Kota Terbesar di Borneo

WeProud - Borneo atau Kalimantan merupakan pulau besar yang berada di perbatasan antara tiga negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Meskipun terkenal karena hutan tropisnya yang sangat luas, pertumbuhan perkotaan di pulau terbesar ke-tiga di dunia ini cukup pesat, hampir sama dengan pulau lainnya. Terdapat berbagai macam etnis di pulau ini, selain suku Dayak sebagai penduduk asli pulau ini, banyak juga kita jumpai  imigran dari luar pulau seperti etnis Melayu, Jawa, Madura, Cina, hingga Filipina.

Berikut ini merupakan daftar 10 kota terbesar di Borneo :

1. Kuching, Sarawak - Malaysia
 

Kuching merupakan ibu kota dari negara bagian Serawak, Malaysia. Penduduk kota Kuching terdiri dari berbagai suku bangsa yang tentunya sangat majemuk dan memiliki budaya beragam. Banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia yang mengunjungi kota Kuching pada setiap tahun. Yang paling terkenal adalah Malesiana Tropical Nursery yang merupakan nurseri bunga-bunga dan tumbuhan tropis terlengkap didunia, yang mana koleksi nurseri tersebut didapat dari 40 negara diseluruh dunia.

2. Banjarmasin, Kalimantan Selatan - Indonesia


Banjarmasin adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota Banjarmasin merupakan pintu gerbang nasional dan termasuk dari kota-kota pusat kegiatan ekonomi nasional. Juga merupakan kota penting di wilayah Kalimantan Selatan yang saat ini memiliki posisi yang sangat strategis secara geografis. Kota Banjarmasin juga telah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 ikon kota pusaka di Indonesia.

3. Kota Kinabalu, Sabah - Malaysia


Kota Kinabalu (KK) adalah ibukota Sabah yang terletak di Malaysia Timur. Kota ini juga merupakan pusat pemerintahan untuk Pantai Barat negeri Sabah. Kota ini terletak di pantai barat laut Kalimantan menghadap Laut Cina Selatan. Gunung Kinabalu, yang menjadi nama dari kota ini, berada di wilayah KK, sementara Taman Tunku Abdul Rahman, tempat perlindungan kehidupan liar, terletak juga di sini. Kota Kinabalu telah menjadi salah satu kota yang paling cepat berkembang di Malaysia.

4. Sandakan, Sabah - Malaysia


Sandakan adalah kota terluas di Sabah, Borneo, Malaysia. Pada tahun 2006 kota ini berpenduduk 427.200 jiwa. Kota ini pernah menjadi ibukota Borneo Utara semasa penjajahan Inggris. Sandakan adalah kota pelabuhan terbesar ke-2 di negara bagian Sabah setelah Kota Kinabalu.

5. Pontianak, Kalimantan Barat - Indonesia


Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat di Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis lintang nol derajat bumi. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis lintang nol derajat bumi. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia.


3 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete
  2. Tu salah posting nye masak ibu kota propinsi indon kalah sama Malaysia kalau kucing boleh lah tapi yang lain tak mungkin juga cabe edit balek sakit je

    ReplyDelete