Monday, August 19, 2013

10 Kota Terbesar di Borneo >> Part.2

6. Balikpapan, Kalimantan Timur - Indonesia


Balikpapan merupakan salah satu kota di Kalimantan Timur, Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sekitar 637.488 jiwa. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logo dari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan.

7. Tawau, Sabah - Malaysia


Tawau merupakan nama sebuah Karesidenan dan juga kota di Sabah. Tawau kini merupakan kota ketiga terbesar di Sabah setelah Kota Kinabalu dan Sandakan. Kota ini dihubungkan dengan ibukota Sabah (Kota Kinabalu) melalui jalan raya sejauh 500 km, jalur udara (Bandar Udara Tawau) dan laut (pelabuhan Tawau). Kota ini berbagi perbatasan dengan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Indonesia di selatan serta dikelilingi Laut Sulu di timur dan Laut Sulawesi di selatan.

8. Samarinda, Kalimantan Timur - Indonesia


Samarinda merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi "gerbang" menuju pedalaman Kalimantan Timur. Pesut Mahakam adalah maskot kota Samarinda. Namun saat ini Pesut Mahakam tidak terlihat lagi di sepanjang sungai Mahakam kota Samarinda.

9. Miri, Sarawak - Malaysia


Miri merupakan kota pertama di Malaysia yang bukan ibu kota yang mendapat taraf kota besar. Kota yang berada di Sarawak ini mendapat predikat ini pada 20 Mei 2005 yang membuatnya dijuluki "Bandaraya Peranginan". Miri merupakan kota kedua terbesar di Serawak, Malaysia dengan jumlah penduduk kira-kira 300.000 orang. Kemajuan kota ini adalah sebab kayanya daerah ini dengan sumber alam, terutama minyak dan gas serta karena dekatnya kota Miri dengan negara Brunei Darussalam.

10. Bandar Seri Begawan - Brunei Darussalam


Kota ini merupakan produsen mebel, tekstil, kerajinan tangan, dan kayu. Di sinilah tempat Balai Upacara Kerajaan, Bangunan Tanda Kebesaran Kerajaan dan Pusat Sejarah Brunei. Kota ini juga unik karena memiliki sebuah desa dekat air, Kampung Ayer yang memiliki rumah di atas jangkungan dan terbentang sampai ke laut sejauh 500 m. Bagian pertama namanya Bandar berasal dari Bahasa Persia بندر dan berarti 'pelabuhan' atau 'tempat tinggal'.

<< KEMBALI KE DAFTAR 1-5 

Sumber : wikipedia.org & skyscrapercity.com

2 komentar:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete