Sunday, August 11, 2013

Al Irsyad, Masjid Modern Berbentuk Kubus

www.flickr.com
WeProud - Bila kalian bertanya tentang masjid di Indonesia yang memiliki bentuk bangunan yang paling unik saat ini, maka jawabannya adalah Masjid Al Irsyad yang berada di kawasan Kota Baru Parahyangan, Bandung. Masjid ini tidak terlihat seperti masjid pada umumnya, minimalis, modern, namun tak meninggalkan kesan relijius seperti masjid-masjid pada umumnya. Jarang sekali kita menemukan bentuk masjid seperti ini di Indonesia.
Untuk menuju ke masjid ini dari kota Bandung cukuplah mudah. Dengan menaiki Shuttle Bus yang berangkat dari Alun-alun Bandung, kita dapat sampai ke Kota Baru Parahyangan tempat di mana masjid tersebut berlokasi, bahkan tepat di depan area masjid. Lokasi masjid yang berdiri di atas tanah yang lebih tinggi dari area sekitar, menjadikannya mudah terlihat dari kejauhan.
Masjid ini dibangun oleh pengembang dari kawasan Kota Baru Parahyangan yaitu PT Belaputra Intiland. Desain dari bentuk bangunan masjid ini diarsiteki oleh Ridwan Kamil, salah seorang arsitek handal negeri ini. Pembangunannya sendiri dilaksanakan sejak 07 September 2009 hingga selesai dan diresmikan pada 27 Agustus 2010.
Karena konsep dan desainnya yang cukup menakjubkan, maka beberapa penghargaan international sempat disandang oleh Masjid ini. Diantaranya penghargaan dari National Frame Building Association sebagai salah satu Building of The Year 2010 dalam kategori arsitektur religius. Dan karena memiliki konsep bangunan yang ramah lingkungan maka pada 2011, Masjid ini juga mendapatkan penghargaan sebagai FuturArc Green Leadership Award 2011 oleh Building Contruction Information (BCI).
 www.goindonesia.com
 ramadan.tempo.co

Bentuknya yang menyerupai kubus terlihat begitu bersahaja. Namun penataan batu bata pada keseluruhan dinding masjid tersebut benar-benar mengagumkan. Peletakkan bata yang berbentuk lubang seperti kisi-kisi pada bidang-bidang tertentu di antara bata solid, jika dilihat dari agak jauh, menghadirkan lafaz arab dua kalimat syahadat. Menyesuaikan dengan bentuknya dan untuk memberikan akses yang mudah bagi para jamaah, masjid ini menyediakan tiga buah pintu utama. Masing-masing berada di sisi timur, utara dan selatan.
Ketiga pintu tersebut memiliki bentuk yang sama. Sebuah lorong yang menjorok ke halaman hadir untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para jamaahnya dari sengatan matahari atau guyuran hujan. Beberapa bangku diletakkan di sana sebagai tempat duduk untuk menunggu. Deretan majalah dinding yang memuat beragam informasi berkaitan dengan aktifitas meramaikan masjid ditampilkan secara informatif.
Pada sisi utara terdapat sebuah koridor minimalis yang menghubungkan pintu masuk masjid dengan ruang wudlu, toilet dan kantor pengurus masjid. Sementara itu pada sisi barat atau bagian kiblat terdapat bukaan yang lebar pada bagian tengahnya. Untuk menghadirkan nuansa sejuk dan alami dibuatlah kolam kecil di sana dengan sebuah batu berbentuk bola berukuran besar yang berada di atasnya.
Tuhan mencintai keindahan, dan bentuk bangunan Masjid Al Irsyad melambangkan keindahan tersebut. sepatutnya kita bangga, masih ada arsitek yang mampu membuat bangunan unik nan indah di negeri ini.
sumber : http://2dheart.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment