Monday, March 6, 2017

Dampak Positif Dan Negatif Internet di Indonesia | Part 2

Selain memiliki beberapa dampak negatif yang sudah saya sebutkan diatas, internet juga memiliki beberapa dampak positif seperti berikut :

1. Sumber berita dan informasi

Sama seperti televisi, hanya bedanya, di internet kita bisa mencari berita yang kita ingin baca sehingga lebih memudahkan kita dalam mencari berita jika dibandingkan dengan menunggu jadwal berita di televisi. Namun, tentu kita harus berhati-hati dalam mencari sumber berita, jangan sampai kita termakan hoax.

2. Media belajar

Tidak dipungkiri internet adalah salah satu media yang paling membantu siswa dalam belajar. Jika informasi yang didapat di buku sekolah masih dirasa kurang, pelajar dapat memanfaatkan internet untuk menggali informasi lebih dalam. Internet juga sering dijadikan media untuk membuat tugas sekolah sendiri (meskipun kadang-kadang masih minta bantuan op warnet).

3. Jual-beli dan bisnis online

Salah satu yang populer di Indonesia adalah fenomena online shop, yakni belanja melalui internet. Sampai sekarang banyak situs-situs online shop di indonesia, mulai dari yang menawarkan barang baru, bekas, maupun tiket hotel dan tiket pesawat. Melalui internet bahkan kita bisa membuka toko virtual kita sendiri, atau memilih untuk menggunakan perantara seperti di forum dan situs jual-beli online.

4. Silaturahmi dan bertemu kawan lama

Mungkin pernah ada dari kita yang lama sekali tak berjumpa dengan kawan lama, lalu tiba-tiba menemukan dia di media sosial, saling chat, hingga akhirnya bertemu kembali. Karena internet kita bisa melakukan itu. Dengan internet juga kita masih tetap bisa bersilaturahmi dan bertatap muka dengan teman-teman dan saudara kita yang berada jauh dari tempat kita tinggal.


5. Menjadi terkenal

Salah satu yang menarik dari internet, kita bisa dengan leluasa menyalurkan hobi atau memamerkan karya dan keahlian kita yang kemudian bisa dinikmati oleh orang banyak, dan menjadi terkenal. Beberapa orang berhasil menjadi terkenal melalui internet, sebut saja Norman Kamaru, Rich Chigga, bahkan hingga Justin Bieber.

6. Menghasilkan uang

Yup, internet juga bisa digunakan sebagai ladang untuk menghasilkan uang, namun tetap dengan cara yang halal. Melalui internet kita bisa menjadi publisher iklan atau adsense yang akan dibayar melalui blog atau menjadi penyedia konten di YouTube. - Weproud


0 komentar:

Post a Comment